Kementerian Pertanian menyelenggarakan pertemuan yang dilaksanakan BBPTUHPT Baturraden sebagai UPT Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan yakni kegiatan Pertemuan Strategi Pengembangan Pembibitan di wilayah Village Breeding Center (VBC) BBPTUHPT Baturraden.

Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 20 April 2018 di Grand Zuri Hotel, Yogyakarta yang dihadiri oleh  Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak (Ir. Sugiono, MP), Kepala BBPTUHPT (drh.Sintong HMT Hutasoit, MSi), Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten yang membidangi Peternakan wilayah VBC, dan ketua KUD terpilih. 

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ir. Sugiono, MP dalam arahannya menyampaikan ” Pendampingan wilayah VBC perlu ditingkatkan pelayanannya yakni peningkatan penyebaran distribusi bibit Balai, pelayanan pemberian bibit hijauan pakan ternak yakni Indigofera dan Odot, pelayanan kesehatan ternak dan gangguan reproduksi di wilayah VBC. “sinergitas BBPTUHPT Baturraden dan Dinas terus menerus dilakukan dilapangan untuk memberikan pelayanan bersama”.

“Yang terpenting dibutuhkan peternak adalah ketersediaan pakan dan rumput ” ujar Ir. Sugiono, MP.

Pengembangan Pembibitan di wilayah VBC merupakan tugas yang berkelanjutan, sebagai program Kementerian Pertanian yang dilaksanakan oleh BBPTUHPT Baturraden dengan menggandeng Dinas-dinas yang membidangi fungsi peternakan diwilayah dalam berkomitmen bersama untuk peningkatan pelayanan kepada peternak di wilayah sumber bibit. Komitmen bersama tersebut dituangkan dalam MoU antara Kepala BBPTUHPT Baturraden dan Kepala Dinas diwilayah VBC.

Pertemuan acara ini juga menghadirkan narasumber akademisi dibidang pengembangan pembibitan peternakan pedesaan yang disampaikan oleh Prof. Dr.Ir.Sumadi, MS dan Dr. Jakaria dengan materi Pola Pembibitan diwilayah sumber bibit dan metode pemuliaan pembibitan diwilayah sumber bibit.