Sosialisasi program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#Bekerja) Tahun 2019 BBPTUHPT Baturraden

Penyelenggaraan Sosialisasi Kegiatan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#Bekerja) berbasis Pertanian Tahun 2019 pada BBPTUHPT Baturraden di 2 Kabupaten yakni Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pemalang . Program Bekerja Tahun 2019 merupakan keberlanjutan Program Kegiatan Kementerian Pertanian untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia berbasis Pertanian. Penerima program Bekerja ini untuk rumahtangga miskin dengan diberikan bantuan berupa Ayam, Pakan ternak dan vitamin.

Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh. Sintong Haposan MT Hutasoit,MSi memberikan sambutan dan sebagai narasumber dalam pertemuan ini. Pelaksanaan Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jateng diwakilkan Kepala Bidang Budidaya Ir. IgN. Haryanta Nugraha,MSi, perwakilan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Grobogan drh. Nur Ahmad Wardiyanto, MM, perwakilan pada Dinas Sosial Grobogan, Camat, Polres, Kodim, Polsek, Koramil, dan Kepala desa calon penerima bantuan serta tim #Bekerja.

Dalam presentasinya, Kepala BBPTUHPT Baturraden berharap kerjasama seluruh pendamping baik dari Dinas hingga Perangkat desa untuk mensukseskan kegiatan Bekerja di Kabupaten Grobogan dan Kab. Pemalang. Setelah kegiatan sosialisasi langsung dilakukan verifikasi data calon penerima bantuan ayam.

Data awal calon penerima merupakan data yang berasal dari BDT Kementerian Sosial,  dari 19 kecamatan yg ada di Grobogan, 5 kecamatan (48 desa) yang akan menerima bantuan program #bekerja Kementerian Pertanian Tahun 2019. Hasil verifikasi data  akan segera dilaporkan ke Kementerian Pertanian untuk proses kegiatan selanjutnya.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more

Panen Pedet Sapi Jabres, Semangat Peternak Lestarikan Sapi Lokal

Hari ini senyum gembira peternak sapi Jabres dalam Panen Pedet Sapi Jabres di Kabupaten Brebes tepatnya di wilayah sumber bibit sapi Jabres yakni di Kecamatan Bantarkawung.  Acara Panen Pedet dihadiri Bupati Brebes, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Syamsul Ma’arif, MSi  dan Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh.Sintong HMT Hutasoit, MSi (2/4 ).

Sapi Jabres adalah nama populer yang berasal dari singkatan Sapi Jawa Brebes dan merupakan aset ternak lokal khas Kabupaten Brebes yang telah dibudidayakan oleh masyarakat secara turun temurun di Kabupaten Brebes. Sapi ini telah terbukti dapat memberikan tambahan pendapatan pada rumah tangga petani dan limbahnya merupakan sumber pupuk organik guna mendukung budidaya pertanian. Pemerintah Kabupaten Brebes berupaya secara terus-menerus untuk menjaga, melestarikan dan sekaligus mengembangkannya.

Kementerian Pertanian telah menetapkan Sapi Jabres berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2842/Kpts/LB.430/8/2012 tanggal 13 Agustus 2012, Sapi Jabres sebagai salah satu rumpun sapi lokal, dan kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia, harus dilindungi dan dilestarikan.

Sapi Jabres memiliki keseragaman bentuk fisik, kemampuan adaptasi dengan baik pada keterbatasan lingkungan, dan ciri khas yang berbeda dengan rumpun sapi asli atau lokal lainnya.

Dalam acara panen ini juga dilaksanakan penyerahan realisasi Klaim Asuransi Usaha Ternak Sapi, yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Kesmavet mewakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Bupati Brebes dan Kepala BBPTUHPT Baturraden kepada Peternak peserta asuransi.

Asuransi Usaha Ternak Sapi memiliki manfaat yang besar bagi peternak karena memberikan perlindungan terhadap kerugian atas kejadian yang menimpa sapi karena kematian sapi dikarenakan penyakit, atau karena pencurian.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more