“AREVY”

Sebuah kata yang belum familiar, namun cukup menarik untuk diperkenalkan. AREVY adalah salah satu aktualisasi perubahan di BBPTU HPT Baturraden. Arevy sebuah sistem pakan yang terintegrasi, untuk informasi penimbangan hasil produksi hijauan pakan ternak yang realtime.

Tujuan dari proyek perubahan ini untuk mengurangi kesalahan input data/human error dan juga memastikan ketersediaan pakan ke depan. Sistem baru “AREVY” hari ini, Jumat 5 September 2019 diluncurkan oleh Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh.Sintong HMT Hutasoit,MSi di lokasi penimbangan farm balai. Peluncuran Arevy memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja produksi dan kinerja SDM secara maksimal. Pada peluncuran diperkenalkan disaksikan secara langsung oleh seluruh pegawai BBPTUHPT Baturraden.

Peluncuran Arevy di farm sapi Limpakuwus, di awali dengan sambutan dari Ka.Balai, drh.Sintong HMT Hutasoit, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan penimbangan HPT . Dalam sambutannya, drh.Sintong HMT Hutasoit berharap dengan sistem realtime “AREVY” ini memudahkan pendataan dan memonitor produksi hijauan pakan ternak sehingga selalu memberikan data akurat dan tepat setiap saat.

Sistem ini akan memberikan laporan penimbangan HPT secara online dan realtime ke Kepala Balai, Kepala Bidang, Kepala Seksi, Koordinator Farm, Koordinator Fungsional dan Pengawas lapangan. Apabila jumlah total penimbangan belum mencukupi kebutuhan untuk masing – masing farm, maka akan muncul notifikasi jika jumlah HPT belum tercukupi. Dengan notifikasi ini diharapkan pemangku kebijakan segera bisa mengambil langkah sehingga kebutuhan pakan tetap terpenuhi sesuai minimal kebutuhan.

 

Read more

Gelar Potensi Peternakan dan Gebyar SIWAB Jateng

Rembang, Bulan Bakti Peternakan Tahun 2019 banyak diselenggarakan kegiatan diberbagai daerah, seperti yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah yakni “Gelar Potensi Peternakan dan Gebyar SIWAB Jawa Tengah Tahun 2019” di GOR Rembang tanggal 25 September 2019. Berbagai komoditas unggulan peternakan dihadirkan dalam acara ini seperti ternak Sapi PO Kebumen, Sapi Brangus, Domba Wonosobo, Domba Batur, Kambing PE Kaligesing, dan Ayam Kedu. Pada acara yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 24 – 25 September 2019 menggelar stand pameran dan lomba-lomba kontes ternak sapi, domba, kambing, dan burung. BBPTUHPT Baturraden berpartisipasi menggelar stand pameran dilokasi kegiatan Gelar Potensi Peternakan dan Gebyar SIWAB Jawa Tengah Tahun 2019.
Pada acara puncak Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Drh I Ketut Diarmita,MP berkeliling kelokasi acara yang didampingi Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh.Sintong HMT Hutasoit , Kepala BBVet Wates Drh. Bagoes, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Ir.Lalu, Kepala Dinas Peternakan Kab. Rembang mengunjungi seluruh komoditas peternakan yang ada. Dan yang paling dibanggakan yakni sapi-sapi kelahiran dan sapi Bunting Program UPSUS SIWAB Jawa Tengah tahun 2019.
Dalam acara puncak juga digelar Gerakan Gemar Minum Susu bersama siswa-siswa SD dan gemar makan telur. Susu dan Telur sebagai makanan protein hewani untuk menjadi makanan sehari-hari yang penuh gizi. Selanjutnya acara pemberian piala-piala kepada Peternak yang menjuarai lomba kontes ternak. Partisipasi UPT Kementerian Pertanian pada Stand Pameran BBPTUHPT Baturraden, Balai Embrio Ternak Cipelang, Balai Besar Veteriner Wates, Balai Inseminasi Buatan Lembang, dan BPTP Jawa Tengah untuk memberikan informasi pelayanan unggulan masing2 dan inovasi teknologi kepada para peternak dan masyarakat. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan berharap bahwa ke depan program SIWAB terus berjalan aktif untuk meningkatkan populasi ternak secara cepat.

#gebyarsiwab #siwabjateng #bbpptuhptbaturraden #pameran #baturraden #KementerianPertanian

Read more