Untuk memberikan solusi pakan disaat musim kemarau panjang ini,  BBPTUHPT Baturraden menerjunkan timnya ke wilayah untuk melaksanakan Inisiasi Pembuatan Bank Pakan yakni fermentasi Jerami. Kegiatan inisiasi pembuatan bank pakan diwilayah dilaksanakan pada bulan November ini.

Kegiatan inisiasi pembuatan bank pakan dilaksanakan di beberapa Kabupaten sebanyak 25 Kelompok peternak yang akan menerima kegiatan tersebut. Seperti pada gambar tersebut yang dilaksanakan di Kabupaten Grobogan. Tepatnya di Kelompok ternak Ngudi Rahayu 2 desa Mojorebo Kec. Wirosari.  Sebagai ketua tim BBPTUHPT Baturraden adalah Joko Purwanto yang bersama-sama mendemokan pembuatan fermentasi dipeternak.(19/11)

“Selain inisiasi pembuatan bank pakan di kelompok, kami juga melakukan monitoring inisiasi bank pakan pada tahun 2018 di kelompok lainnya yakni kelompok Margo Rukun di desa Tambahrejo dan kelompok lainnya di wilayah ” ujar Joko Purwanto dilokasi.

Joko menyampaikan bahwa BBPTUHPT Baturraden juga memberikan bantuan dana penggantian jerami, urea, probiotik dan bibit andalan yakni Indigofera. “Harapannya indigofera dapat dikembangkan oleh peternak meningkatkan produksi Hijauan pakan yang lebih bernutrisi ” ungkap Joko.

Tiap tahun BBPTUHPT Baturraden melaksanakan kegiatan inisiasi bank pakan di wilayah agar peternak dapat memanfaatkan secara maksimal limbah pertanian dan tidak membakarnya dengan sia sia. Bank pakan pun dapat mencukupi persediaan pakan di wilayah sehingga peternak dapat tenang dan sapi pun berkembang sehat.

Dukungan semua pihak dalam kegiatan ini bersama pihak Dinas Peternakan Kabupaten sehingga kegiatan berjalan lancar. Bank pakan adalah solusi terbaiknya.