Nusakambangan, Kepala BBPTUHPT Baturraden drh Sintong Haposan MT Hutasoit,MSI melaksanakan koordinasi dengan Kepala LAPAS Kelas IIB Terbuka Nusakambangan bersama tim Balai dalam rangka kerjasama pengembangan peternakan sapi di Pulau Nusakambangan.(5/3)

Lokasi lahan pulau Nusakambangan ini di pulau penjara menggunakan sistem tadah hujan. Pasalnya kondisi di salah satu pulau terluar di Indonesia itu tidak ada sistem pengairan untuk pertanian. Musim hujan saat ini dapat mensuplai air sangat cukup untuk produksi hijauan pakan ternak dilokasi padanggembalaan.

Kepala Lapas menyatakan bahwa kegiatan ini melaksanakan program resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yakni meningkatkan kualitas Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi SDM unggul melalui Pelatihan Keterampilan dan Peningkatan PNBP. Untuk mendukungnya program peternakan lebih tepat dengan bekerjasama dengan BBPTUHPT Baturraden sebagai UPT Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian. ungkap Kepala Lapas. Selain program tersebut, sesuai Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020, Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan juga bertekad mewujudkan ketahanan pangan melalui penanaman tanaman jagung seluas 40 hektare.

 

Kepala Balai bersama tim meninjau langsung lokasi penanaman HPT lahan padanggembala yang telah dipersiapkan seluas 25 Ha. Dan kemudian menengok ternak yang berada di kandang. Jumlah populasi sapi sebanyak +- 100 ekor yang dipelihara oleh Lapas Kelas IIB Nuskambangan ini. Semoga semakin memajukan peternakan untuk berpartisipasi mewujudkan swasembada protein hewani.

#resolusipemasyarakatan #lapasnusakambangan #ditjen_PKH #KementerianPertanian #SDMunggul #wargabinaanpemasyarakatan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0