Selamat Datang Kambing Saanen

Selamat datang indukan kambing Saanen di Farm BBPTUHPT Baturraden demi sejahterakan Peternak
Pada hari Senin 21 Desember 2020 telah datang nih indukan kambing saanen yang sehat dari pengadaan BBPTUHPT Baturraden, sebagai UPT Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Tahun 2020 sebanyak 100 ekor yang didatangkan dari Australia.. #sobaternak …(21/12)
Saanen baru ini nantinya menjadi andalan untuk produksi #bibitunggul BBPTUHPT Baturraden, demi meningkatkan pelayanan kami sesuai harapan para peternak Indonesia yang akan mengembangkan peternakan kambing perah maju.
Nah, kedatangan kemarin ini disambut sukacita kita lhoo… tim Balai bersama2 menyambut keluarga baru kambing Saanen di Farm kambing BBPTUHPT Baturraden ??..setelah sekian lama menunggu beberapa hari telah dikarantina di Cilacap.
Kedatangan awal saanen-saanen asalnya tsb melalui jalur udara sampai di Bandara Soekarno Hatta, kemudian di kirimkan melalui jalur darat ke Stasiun Karantina Pertanian Cilacap untuk nantinya dilakukan dikarantina terlebih dahulu selama 14 hari dan diuji bebas penyakit di BBVET Wates oleh pihak Balai Karantina Cilacap. Kemudian dikirimkan BBPTUHPT Baturraden pada senin siang kemarin.
Semoga produksi saanen semakin meningkat, demi kemajuan peternakan kambing perah Indonesia dengan kambing berkualitas.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more

Tingkatkan Mutu Genetik Sapi Perah Dengan Uji Zuriat Sapi Perah Nasional

Dalam rangka meningkatkan mutu genetik sapi perah, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian melaksanakan Uji Zuriat pada Sapi Perah Indonesia. Uji Zuriat ini diharapkan bisa menghasilkan pejantan unggul sapi perah “Holstein Indonesia” dan dapat meningkatkan sistem pencatatan (rekording) sapi perah.
Singosari, Kamis 17 Desember 2020. Dilaksanakan Launching Pejantan Unggul Hasil Uji Zuriat Sapi Perah Nasional.
Hadir dalam acara ini perwakilan Kepala BBPTUHPT Baturraden, Kepala BBIB Singosari,Kepala BIB Lembang, Kepala BET Cipelang, perwakilan Kepala Dinas bidang Peternakan Provinsi , dan kabupaten serta Komisi Pertimbangan dan Direktorat Perbibitan dan produksi Ternak.
Dalam acara tersebut melepas 6 pejantan unggul. Pejantan-pejantan tersebut berasal dari BBIB Singosari (SG Glens, SG Shoty dan SG Doming) dan BIB Lembang (Flate, Folegan dan Flanggo)..
Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Nasrullah secara virtual berharap dalam acara tersebut “Semoga produksi susu dan produktivitas sapi perah akan meningkat”. Ia menjelaskan, menurut catatan sejak uji zuriat dilaksanakan pada tahun 2004 sampai dengan akhir 2020 terlihat adanya peningkatan rata-rata produksi susu dari 10,8 kg per laktasi (2004) menjadi 13,8 kg per laktasi.
Melalui program uji zuriat ini, diharapkan terdapat lompatan produksi susu sapi di lokasi pelaksanaan uji zuriat, walaupun pertumbuhan populasi sapi perah di Indonesia tidak terlalu signifikan. “Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan Uji Zuriat memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kesejahteraan peternak sapi perah rakyat di Indonesia

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more

Kunjungan Kerja Direktur Kesehatan Hewan Dalam Rangka Teknis Penerapan Kompartemen Wilayah Bebas Brucellosis

Pada Rabu 16 Desember 2020, Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh.Sintong HMT Hutasoit,MSi menerima kunjungan Direktur Kesehatan Hewan drh. Fadjar Sumping Tjatur Rassa, Ph.D bersama jajarannya di BBPTUHPT Baturraden. Kunjungan kerja ini dalam rangka teknis penerapan Zona/kompartemen wilayah bebas Brucellosis diseluruh farm-farm BBPTUHPT Baturraden, baik di farm Tegalsari, farm Limpakuwus, Farm Manggala dan Farm Kambing Perah.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more

Pameran Inovasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk II Angkatan XVII Tahun 2020

Pada hari Selasa, 8 Desember 2020, digelar Penutupan dan Inovasi Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk II Angkatan XVII Tahun 2020 di Komplek PPMKP Ciawi.
Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh.Sintong HMT Hutasoit,MSi launching inovasi di stand pameran Hasil Proyek Perubahan Pengembangan Klaster Ternak Sapi Perah dalam Membangun Sumber Bibit Nasional.
Pada penutupan dan inovasi proyek perubahan ini launching hasil proyek perubahan di stand pameran Lingkup Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan juga bersama dengan proyek perubahan Bank Pakan Untuk Peternakan Indonesia oleh Direktur Pakan drh. Makmun,MSc dan proyek perubahan Strategi Penanganan Pelayanan Kesehatan Hewan diwilayah Sumber Bibit Sapi Bali di Konawe Selatan oleh Risman Mangidi,SSos.
PKN Tingkat II Angkatan XVII Tahun 2020 telah dilaksanakan mulai 12 Agustus – 8 Desember 2020 dengan metode blended learning (klasikal dan virtual). Total peserta pelatihan berjumlah 60 orang, berasal dari: Kementan, 36 orang, tiga orang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dua orang dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDTT), 10 orang dari Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), tiga orang Kementerian Perdagangan dan enam orang dari Pemerintah Daerah yakni dari Provinsi Banten, Jawa Timur, Jawa Barat dan Riau.
Pameran dihadiri oleh Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Dr. Ir. Nasrullah,M.Sc.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more

Penambahan Indukan Sapi Perah

Demi tingkatkan pelayanan pembibitan, BBPTUHPT Baturraden, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Ditjen PKH, menambah indukan Sapi Perah. Sejumlah 100 ekor indukan sapi perah yang diimpor dari Australia telah sampai di BBPTUHPT Baturraden pada Senin 30 November 2020. Sebelumnya indukan ini telah sampai di Instalasi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Cilacap selama beberapa hari untuk dilakukan karantina terlebih dahulu kelengkapan dokumen dan pengecekan kesehatan hewan. Sampai dengan hari ini proses adaptasi sapi-sapi tersebut bejalan dengan baik dan sapi-sapi tersebut berada dalam kondisi yang sehat. Dengan penambahan indukan sebanyak 100 ekor ini akan meningkatkan produksi pembibitan sapi perah dan meningkatkan pelayanan permintaan bibit berkualitas untuk peternak Indonesia.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0
Read more