Perencanaan Usaha Sapi Perah.

Sektor peternakan merupakan sektor yang memiliki peluang sangat besar untuk dikembangkan sebagai sebuah usaha dimasa depan. Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan hewani mengakibatkan permintaan terhadap produk-produk hewani seperti susu, telur, dan daging menjadi meningkat. Pengembangan subsektor peternakan khususnya ternak perah sangat potensial. Peluang meningkatkan produksi susu masih cukup besar, baik melalui peningkatan populasi dan produktivitas ternak maupun diversifikasi sumber susu. Salah satu ternak perah yang potensial untuk dikembangkan adalah sapi perah

Usaha agribisnis mempunyai kontribusi besar bagi pembangunan di Indonesia. Perencanaan adalah hal yang sangat penting dalam memulai usaha Peternakan. Perencanaan usaha akan membantu kita dalam melangkah dan membuat keputusan. Sapi perah merupakan salah satu sumberdaya lokal yang penyebarannya sangat luas di Jawa. Pemeliharaan sapi perah merupakan salah satu usaha untuk upaya pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia.

Pemeliharaan sapi perah merupakan salah satu alternatif diversifikasi ternak penghasil susu  sebagai upaya pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa susu  sangat digemari. Adanya peluang bisnis dari meningkatnya permintaan susu sapi dan harga susu sapi yang cukup merakyat menyebabkan banyak orang tertarik untuk membudidayakan sapi perah. Di masyarakat, usaha ternak sapi perah diusahakan dalam skala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam merencanakan dan mengembangkan usaha ternak sapi perah, maka keputusan mengenai skala usaha menjadi sangat penting. Jennes (1980) Bertitik tolak dari hal tersebut maka kajian mengenai skala usaha ternak sapi perah, dalam hal ini dikhususkan pada sapi perah FH, menjadi hal yang sangat menarik. Untuk kajian lebih mendalam, silahkan klik link ini. Didalamnya akan dibahas secara rinci mengenai Usaha Peternakan Sapi Perah.(Drh Hendriyatno KN)

Post a comment