Kunjungan kerja monitoring Bantuan Ayam program #Bekerja di Brebes

Brebes, 22 Desember 2018 – Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ir. Sugiono, MP  dan Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh. Sintong Haposan MT Hutasoit, MSi melaksanakan kunjungan kerja  monitoring bantuan ayam di Kabupaten Brebes.

Dalam monitoring dilokasi RTM, ayam telah besar-besar dan masih cukup banyak. Sugiono sudah memberikan motivasi dan pesan kepada penerima bantuan ayam untuk menjaga dan memelihara sepenuh hati.  Ayam yang dikembangkan akan terus berkelanjutan untuk memberikan gizi keluarga. Dalam kunjungannya inipun Dinas Sosial juga ikut mendampingi dan kedepan akan memberikan pendampingan kepada RTM didesa-desa oleh petugas KUBE Dinas Sosial. KUBE merupakan program yang ada pada Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha.  Adapun tujuan program KUBE untuk dapat meningkatkan kemampuan berusaha para anggota KUBE dan dapat meningkatkan pendapatan serta pengembangan usaha.  Adapun peraturan tentang KUBE ini dimuat dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2015 tentang Kelompok Usaha Bersama.

“Data penerima Bantuan (RTM) berasal dari Kemensos. Jadi kita tidak pilih kasih. Datanya terpadu loh. Kita bagikan kepada RTM bidang pertanian. Jadi kalau yang bukan orang pertanian ya tidak masuk. Karena itu tugas kita meningkatkan produksi ternak naah ini caranya,” papar Sugiono, “Ini kan manajemen pemeliharaan ayam, dilihat kasat mata, kan ternak butuhnya pakan, air, udara sinar matahari, nah itu harus dapat.  Bagaimana ngasih makannya, pengaturan kandangnya agar tidak berdesakan, orang saja kalau tinggal berdesakan pasti nggak nyaman. penempatan kandang agar dapat udara dan sinar matahari cukup. Kotoran juga harus sering dibersihkan,” tutur Sugiono.
Dia melanjutkan, program #Bekerja dari Kementerian Pertanian, bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian.. “Selain itu, mereka juga bisa dapat pendapatan dari penjualan ayam. Tapi setelah dijual, harus beli bibitnya lagi, jadi kandang jangan sampai kosong. Program ini akan berkelanjutan, di kabupaten Brebes tapi di kecamatan lain,” pungkas Sugiono.

Post a comment