Panen Pedet Sapi Jabres, Semangat Peternak Lestarikan Sapi Lokal

Hari ini senyum gembira peternak sapi Jabres dalam Panen Pedet Sapi Jabres di Kabupaten Brebes tepatnya di wilayah sumber bibit sapi Jabres yakni di Kecamatan Bantarkawung.  Acara Panen Pedet dihadiri Bupati Brebes, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner drh. Syamsul Ma’arif, MSi  dan Kepala BBPTUHPT Baturraden Drh.Sintong HMT Hutasoit, MSi (2/4 ).

Sapi Jabres adalah nama populer yang berasal dari singkatan Sapi Jawa Brebes dan merupakan aset ternak lokal khas Kabupaten Brebes yang telah dibudidayakan oleh masyarakat secara turun temurun di Kabupaten Brebes. Sapi ini telah terbukti dapat memberikan tambahan pendapatan pada rumah tangga petani dan limbahnya merupakan sumber pupuk organik guna mendukung budidaya pertanian. Pemerintah Kabupaten Brebes berupaya secara terus-menerus untuk menjaga, melestarikan dan sekaligus mengembangkannya.

Kementerian Pertanian telah menetapkan Sapi Jabres berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 2842/Kpts/LB.430/8/2012 tanggal 13 Agustus 2012, Sapi Jabres sebagai salah satu rumpun sapi lokal, dan kekayaan sumber daya genetik ternak lokal Indonesia, harus dilindungi dan dilestarikan.

Sapi Jabres memiliki keseragaman bentuk fisik, kemampuan adaptasi dengan baik pada keterbatasan lingkungan, dan ciri khas yang berbeda dengan rumpun sapi asli atau lokal lainnya.

Dalam acara panen ini juga dilaksanakan penyerahan realisasi Klaim Asuransi Usaha Ternak Sapi, yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Kesmavet mewakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Bupati Brebes dan Kepala BBPTUHPT Baturraden kepada Peternak peserta asuransi.

Asuransi Usaha Ternak Sapi memiliki manfaat yang besar bagi peternak karena memberikan perlindungan terhadap kerugian atas kejadian yang menimpa sapi karena kematian sapi dikarenakan penyakit, atau karena pencurian.

Post a comment