Gerakan Obor Pangan Lestari (OPAL), pangan mandiri di rumah kita

Baturraden, Pada tanggal 26 Juli 2019 Kepala BBPTUHPT Baturraden drh.Sintong Haposan MT Hutasoit ,MSi mencanangkan Gerakan Obor Pangan Lestari (OPAL). Bersama seluruh karyawan/karyawati menanam sayurannya dilahan pekarangan BBPTUHPT Baturraden dan kemudian memanennya.

Gerakan OPAL adalah gerakan penanaman sayuran dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki di sekitar area perkantoran dengan menanam berbagai komoditas sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Melalui OPAL Kementerian Pertanian mengajak masyarakat dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

“OPAL dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga” ungkap Kepala BBPTUHPT Baturraden pada saat memanen sayur bersama.

Gerakan OPAL Kementerian Pertanian mengajak seluruh Unit Kerja Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian, dan Dinas Provinsi, Kabupaten/ Kota yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian dan/atau pangan. Kedepan OPAL ini akan dilaksanakan secara masal dengan melibatkan masyarakat dalam bentuk Gerakan Masyarakat (Germas) OPAL. OPAL diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 10 Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari Tahun 2019, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 22 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 10
Tahun 2019 tentang Obor Pangan Lestari Tahun 2019. Oleh karena itu, dukungan semua pihak sangat diharapkan untuk suksesnya gerakan OPAL ini.

Comments(2)

  1. REPLY
    Suci Daniati says

    Program kegiatan Ini sangat bagus, semoga ke depan lebih berkembang kegiatan untuk mendukung Pertanian Indonesia

  2. REPLY
    Bibit Alpukat says

    progamnya sangat bagus banget ini, memanfaatkan lahan di sekitar yang belum termanfaatkan sebeumnya guna memenuhi kebutuhan sayur mayur,,

Post a comment